Proses Semiosis pada Desain Kemasan dengan Elemen Storytelling dalam Label Kemasan Jagad Sambel
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.24.1.1-9Keywords:
desain kemasan, proses semiosis, sambal, semiotika, storytellingAbstract
Storytelling pada desain kemasan dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan memperkuat brand image sehingga dapat menjadi taktik pemasaran produk. Desain label kemasan Jagad Sambel dirancang dengan penerapan teori semiotika dan menghasilkan desain kemasan ilustratif dengan elemen storytelling. Untuk mengetahui proses semiosis dalam desain kemasan Jagad Sambel dilakukan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis semiotika model triadik Charles Sanders Peirce. Objek yang diamati adalah desain label kemasan Jagad Sambel varian sambal cumi yang kemudian dilakukan analisis semiotika visual pada logo, ilustrasi, copywriting, dan warna. Adapun tingkat semiotik di mana proses semiosis terjadi dalam desain kemasan Jagad Sambel dapat digambarkan dalam: 1) gambar yang mudah diidentifikasi, penggunan copywriting dalam bahasa Indonesia yang mudah dipahami, dan pengaturan tata letak elemen-elemen desain yang terstruktur; 2) relasi antara ilustrasi, logo, dan copywriting yang mengandung makna pesan berupa brand positioning; 3) penggunaan gaya bahasa sehari-hari dan penggunaan flat illustration dengan warna cerah ilustrasi yang disesuaikan dengan segmentasi target anak muda, dan makna desain kemasan secara keseluruhan yaitu memberi persepsi Jagad Sambel adalah produk sambel pedas untuk anak muda yang dapat memberi keberanian untuk menghadapi tantangan. Penerapan semiotika dalam proses perancangan storytelling pada desain kemasan dapat membantu menciptakan interpretasi yang jelas dan tidak multipersepsi.
References
Ariningtyas, R., & Giari, N. (2018). Motif di “Batik Bayu Mukti” Kabupaten Nganjuk. Jurnal Seni Rupa, 6(2).
Bergman, M. K. (2016, March 21). A Foundational Mindset: Firstness, Secondness, Thirdness [Blog]. AI3. Retrieved from https://www.mkbergman.com/1932/a-foundational-mindset-firstness-secondness-thirdness/
Burhan, A. S., & Anggapuspa, M. L. (2021). Analisis makna visual pada poster Film Bumi Manusia. 3(1).
Erlyana, Y. (2022). Analisis semiotika ornamen pada kemasan produk lokal minuman Herbavera. Demandia, 7(1), 45. https://doi.org/10.25124/demandia.v7i1.3939
Erlyana, Y. (2020). Semiotic analysis of packaging designs in Promina Puffs weaning food: Proceedings of the 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019). 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019), Jakarta, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.026
Fadilla, A. N., & Aditia, P. (2022). Storytelling dalam kemasan Kopi Janji Jiwa. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 08(01), 1–9. https://doi.org/10.33633/andharupa.v8i01.4154
Lin, C.-W., & Lin, T.-L. (2014). Using triadic semiotics in storytelling. Art and Design Review, 02(04), 78–84. https://doi.org/10.4236/adr.2014.24010
Mimin. (2021, December 22). Personality test: This is the characteristics of people who like spicy food. Retrieved from https://psikologi.uma.ac.id/tes-kepribadian-seperti-ini-karakter-orang-yang-suka-makanan-pedas/
Mudjiyanto, B., & Nur, E. (2013). Semiotika dalam metode penelitian komunikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi, 16(1).
Muslim, Y., & Mardiansyah, Y. (2020). Proses semiosis karikatur dalam koran online berbahasa Arab. Hijai - Journal on Arabic Language and Literature, 3(2), 52–65.
Pham, H. L. (2018). Storytelling on product packaging and consumers’ perception [Thesis]. Arcada University of Applied Sciences.
Prasetyo, M. E., Everlyn, S., & Yunita, Y. (2023). Analisis semiotika pada produk kemasan kaleng kopi “Starbucks BPJS”. Nirmana, 23(2), 106–112. https://doi.org/10.9744/nirmana.23.2.106-112
Pratama, A. A., & Soewarlan, S. (2019). Semiosis process in the sounds of Gamelan and Pesinden in Sandekala Film. Capture : Jurnal Seni Media Rekam, 11(1), 60–80. https://doi.org/10.33153/capture.v11i1.2664
Sari, N. L. D. I. (2013). Elemen visual kemasan sebagai strategi komunikasi produk. Jurnal Komunikasi Profetik, 06(01), 43–52.
Wahyudi, N., & Satriyono, S. (2017). Mantra kemasan juara. PT. Elex Media Komputindo.
Wever, R., Schermer, R., Smit, L., & Vos, L. (2015). Wrapping up your message; sustainable storytelling through packaging. Proceedings of The 27th IAPRI Symposium on Packaging, 341–348.
Wirawan, J. (2022). Sanders Peirce’s semiotic study Aqua life pack 1100 ml. Journal of Visual Communication Design, 7(2), 64–73.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.