Proses Semiosis pada Desain Kemasan dengan Elemen Storytelling dalam Label Kemasan Jagad Sambel

Authors

  • Dwi Agnes Natalia Bangun Politeknik Negeri Jakarta
  • Tiyas Maheni Politeknik Negeri Jakarta
  • Paramita Putri Arini Politeknik Negeri Jakarta
  • Salwa Arini Pangabean Politeknik Negeri Jakarta
  • Dayanah Zahirah Politeknik Negeri Jakarta
  • Resti Dyah Kusumaasri Politeknik Negeri Jakarta

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.24.1.1-9

Keywords:

desain kemasan, proses semiosis, sambal, semiotika, storytelling

Abstract

Storytelling pada desain kemasan dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan memperkuat brand image sehingga dapat menjadi taktik pemasaran produk. Desain label kemasan Jagad Sambel dirancang dengan penerapan teori semiotika dan menghasilkan desain kemasan ilustratif dengan elemen storytelling. Untuk mengetahui proses semiosis dalam desain kemasan Jagad Sambel dilakukan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis semiotika model triadik Charles Sanders Peirce. Objek yang diamati adalah desain label kemasan Jagad Sambel varian sambal cumi yang kemudian dilakukan analisis semiotika visual pada logo, ilustrasi, copywriting, dan warna. Adapun tingkat semiotik di mana proses semiosis terjadi dalam desain kemasan Jagad Sambel dapat digambarkan dalam: 1) gambar yang mudah diidentifikasi, penggunan copywriting dalam bahasa Indonesia yang mudah dipahami, dan pengaturan tata letak elemen-elemen desain yang terstruktur; 2) relasi antara ilustrasi, logo, dan copywriting yang mengandung makna pesan berupa brand positioning; 3) penggunaan gaya bahasa sehari-hari dan penggunaan flat illustration dengan warna cerah ilustrasi yang disesuaikan dengan segmentasi target anak muda, dan makna desain kemasan secara keseluruhan yaitu memberi persepsi Jagad Sambel adalah produk sambel pedas untuk anak muda yang dapat memberi keberanian untuk menghadapi tantangan. Penerapan semiotika dalam proses perancangan storytelling pada desain kemasan dapat membantu menciptakan interpretasi yang jelas dan tidak multipersepsi.

Author Biographies

Dwi Agnes Natalia Bangun, Politeknik Negeri Jakarta

SINTA ID: 6669381, GS ID: H8MVH6QAAAAJ&hl

Tiyas Maheni, Politeknik Negeri Jakarta

SINTA ID: 6035868, GS ID: Mhhmv94AAAAJ&hl

References

Ariningtyas, R., & Giari, N. (2018). Motif di “Batik Bayu Mukti” Kabupaten Nganjuk. Jurnal Seni Rupa, 6(2).

Bergman, M. K. (2016, March 21). A Foundational Mindset: Firstness, Secondness, Thirdness [Blog]. AI3. Retrieved from https://www.mkbergman.com/1932/a-foundational-mindset-firstness-secondness-thirdness/

Burhan, A. S., & Anggapuspa, M. L. (2021). Analisis makna visual pada poster Film Bumi Manusia. 3(1).

Erlyana, Y. (2022). Analisis semiotika ornamen pada kemasan produk lokal minuman Herbavera. Demandia, 7(1), 45. https://doi.org/10.25124/demandia.v7i1.3939

Erlyana, Y. (2020). Semiotic analysis of packaging designs in Promina Puffs weaning food: Proceedings of the 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019). 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019), Jakarta, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.026

Fadilla, A. N., & Aditia, P. (2022). Storytelling dalam kemasan Kopi Janji Jiwa. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 08(01), 1–9. https://doi.org/10.33633/andharupa.v8i01.4154

Lin, C.-W., & Lin, T.-L. (2014). Using triadic semiotics in storytelling. Art and Design Review, 02(04), 78–84. https://doi.org/10.4236/adr.2014.24010

Mimin. (2021, December 22). Personality test: This is the characteristics of people who like spicy food. Retrieved from https://psikologi.uma.ac.id/tes-kepribadian-seperti-ini-karakter-orang-yang-suka-makanan-pedas/

Mudjiyanto, B., & Nur, E. (2013). Semiotika dalam metode penelitian komunikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi, 16(1).

Muslim, Y., & Mardiansyah, Y. (2020). Proses semiosis karikatur dalam koran online berbahasa Arab. Hijai - Journal on Arabic Language and Literature, 3(2), 52–65.

Pham, H. L. (2018). Storytelling on product packaging and consumers’ perception [Thesis]. Arcada University of Applied Sciences.

Prasetyo, M. E., Everlyn, S., & Yunita, Y. (2023). Analisis semiotika pada produk kemasan kaleng kopi “Starbucks BPJS”. Nirmana, 23(2), 106–112. https://doi.org/10.9744/nirmana.23.2.106-112

Pratama, A. A., & Soewarlan, S. (2019). Semiosis process in the sounds of Gamelan and Pesinden in Sandekala Film. Capture : Jurnal Seni Media Rekam, 11(1), 60–80. https://doi.org/10.33153/capture.v11i1.2664

Sari, N. L. D. I. (2013). Elemen visual kemasan sebagai strategi komunikasi produk. Jurnal Komunikasi Profetik, 06(01), 43–52.

Wahyudi, N., & Satriyono, S. (2017). Mantra kemasan juara. PT. Elex Media Komputindo.

Wever, R., Schermer, R., Smit, L., & Vos, L. (2015). Wrapping up your message; sustainable storytelling through packaging. Proceedings of The 27th IAPRI Symposium on Packaging, 341–348.

Wirawan, J. (2022). Sanders Peirce’s semiotic study Aqua life pack 1100 ml. Journal of Visual Communication Design, 7(2), 64–73.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Bangun, D. A. N., Maheni, T. ., Arini, P. P. ., Pangabean, S. A. ., Zahirah, D., & Kusumaasri, R. D. . (2024). Proses Semiosis pada Desain Kemasan dengan Elemen Storytelling dalam Label Kemasan Jagad Sambel. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 24(1), 1-9. https://doi.org/10.9744/nirmana.24.1.1-9