Filter Instagram sebagai Media Promosi Soft Selling Bagi Dusun Semilir

Authors

  • Ko, Elvina Natania Universitas Kristen Satya Wacana
  • T. Arie Setiawan Prasida Universitas Kristen Satya Wacana
  • Michael Bezaleel Universitas Kristen Satya Wacana

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.23.2.89-98

Keywords:

filter Instagram, media promosi, soft-selling

Abstract

Promosi merupakan suatu bentuk komunikasi antara konsumen dan penjual. Promosi juga merupakan salah satu strategi pemasaran sebuah produk dengan menggunakan media yang mampu menarik perhatian audience. Seiring berkembangnya zaman maka banyak cara promosi yang dapat dilakukan. Salah satunya dengan melakukan promosi secara digital. Dusun Semilir menggunakan promosi digital menggunakan beberapa platform, yaitu TikTok dan Instagram. Pada platform Instagram, Dusun Semilir aktif melakukan promosi pada fitur Instagram Story dan Instagram Feeds. Audience kurang tertarik dengan konten yang telah disajikan oleh Dusun Semilir pada saat low season sehingga menyebabkan turunnya insight Instagram Dusun Semilir. Selain itu engagement rate Instagram Dusun Semilir mempunyai angka di bawah rata-rata. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu Dusun Semilir menaikan engagement rate Instagram dan insight Instagram agar brand image Dusun Semilir tetap terjaga. Metode penelitian campuran kualitatif dan kuantitatif serta strategi penelitian linear digunakan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini, audience menyukai new media interaktif yaitu filter Instagram sebagai media promosi soft selling yang interaktif.

Author Biography

T. Arie Setiawan Prasida, Universitas Kristen Satya Wacana

SCOPUS ID: 57208015578, SINTA ID: 6661477, GS ID: gwyyI1UAAAAJ&hl

References

Bungin & Burhan. (2008). Analisa data penelitian kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Enterprise, Jubilee. (2021). Instagram untuk bisnis, hobi & desain grafis.. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Faizaty, N. E., & Laili, R. (2021). Dampak softselling dalam digital marketing pada pengambilan keputusan pem¬belian (Studi pada platform grup Facebook Jago Jualan). Jimek: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi.

Fitriana, R., Lee, C., & Sulistyo, T. D. (2020). Pengaruh media sosial instagram terhadap brand image The Bunker Cafe, Tangerang. Lamongan: Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti. Politeknik Sahid.

Ghufron, Nabil, M., & Sugandi. (2021). Penggunaan fitur Instagram Stories sebagai media komunikasi pemasaran online (Studi pada akun Instagram @griizelle.id). e-Journal Ilmu Komunikasi.

Helianthusonfri, J. (2019). Belajar social media marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Helianthusonfri, J. (2020). Instagram Marketing Untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Meta Spark AR. Pesan disampaikan pada https://sparkar. facebook.com/ar-studio/learn/

Musman, A. (2021). Copy writing. Yogyakarta: Quadrant.

Nazir, M. (2003). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Putra, K. A. M. (2020). Perancangan filter Instagram berbasis Augmented Reality dengan Face Mask Spark AR pada Akun New Media College. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, 6(3).

Rangkuti, F. (2009). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus integrated marketing communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Saladin, D. (2003). Intisari pemasaran dan unsur-unsur pemasaran. Cetakan Ketiga, Bandung: Linda Karya.

Sarwono, J., & Lubis, H. (2007). Metode riset untuk desain komunikasi visual. Bandung: CV Andi Offset.

Siregar, V. M. M. (2018). Perancangan website sebagai media promosi dan penjualan produk. Prodi Teknik Komputer Politeknik Bisnis Indonesia. Sumatera Utara.

Syarum, S. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Natania, K. E., Prasida, T. A. S., & Bezaleel, M. (2023). Filter Instagram sebagai Media Promosi Soft Selling Bagi Dusun Semilir. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 23(2), 89-98. https://doi.org/10.9744/nirmana.23.2.89-98

Issue

Section

Articles