Filter Instagram sebagai Media Promosi Soft Selling Bagi Dusun Semilir
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.23.2.89-98Keywords:
filter Instagram, media promosi, soft-sellingAbstract
Promosi merupakan suatu bentuk komunikasi antara konsumen dan penjual. Promosi juga merupakan salah satu strategi pemasaran sebuah produk dengan menggunakan media yang mampu menarik perhatian audience. Seiring berkembangnya zaman maka banyak cara promosi yang dapat dilakukan. Salah satunya dengan melakukan promosi secara digital. Dusun Semilir menggunakan promosi digital menggunakan beberapa platform, yaitu TikTok dan Instagram. Pada platform Instagram, Dusun Semilir aktif melakukan promosi pada fitur Instagram Story dan Instagram Feeds. Audience kurang tertarik dengan konten yang telah disajikan oleh Dusun Semilir pada saat low season sehingga menyebabkan turunnya insight Instagram Dusun Semilir. Selain itu engagement rate Instagram Dusun Semilir mempunyai angka di bawah rata-rata. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu Dusun Semilir menaikan engagement rate Instagram dan insight Instagram agar brand image Dusun Semilir tetap terjaga. Metode penelitian campuran kualitatif dan kuantitatif serta strategi penelitian linear digunakan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini, audience menyukai new media interaktif yaitu filter Instagram sebagai media promosi soft selling yang interaktif.
References
Bungin & Burhan. (2008). Analisa data penelitian kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.
Enterprise, Jubilee. (2021). Instagram untuk bisnis, hobi & desain grafis.. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
Faizaty, N. E., & Laili, R. (2021). Dampak softselling dalam digital marketing pada pengambilan keputusan pem¬belian (Studi pada platform grup Facebook Jago Jualan). Jimek: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi.
Fitriana, R., Lee, C., & Sulistyo, T. D. (2020). Pengaruh media sosial instagram terhadap brand image The Bunker Cafe, Tangerang. Lamongan: Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti. Politeknik Sahid.
Ghufron, Nabil, M., & Sugandi. (2021). Penggunaan fitur Instagram Stories sebagai media komunikasi pemasaran online (Studi pada akun Instagram @griizelle.id). e-Journal Ilmu Komunikasi.
Helianthusonfri, J. (2019). Belajar social media marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Helianthusonfri, J. (2020). Instagram Marketing Untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
Meta Spark AR. Pesan disampaikan pada https://sparkar. facebook.com/ar-studio/learn/
Musman, A. (2021). Copy writing. Yogyakarta: Quadrant.
Nazir, M. (2003). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Putra, K. A. M. (2020). Perancangan filter Instagram berbasis Augmented Reality dengan Face Mask Spark AR pada Akun New Media College. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, 6(3).
Rangkuti, F. (2009). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus integrated marketing communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Saladin, D. (2003). Intisari pemasaran dan unsur-unsur pemasaran. Cetakan Ketiga, Bandung: Linda Karya.
Sarwono, J., & Lubis, H. (2007). Metode riset untuk desain komunikasi visual. Bandung: CV Andi Offset.
Siregar, V. M. M. (2018). Perancangan website sebagai media promosi dan penjualan produk. Prodi Teknik Komputer Politeknik Bisnis Indonesia. Sumatera Utara.
Syarum, S. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.