Perancangan Buku Ajar Tipografi

Authors

  • Rendy Iswanto Universitas Ciputra

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.23.2.123-129

Keywords:

Buku ajar, perancangan, tipografi

Abstract

Mata kuliah Tipografi adalah mata kuliah wajib yang biasanya ada di semester 1, di mana di mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari teori dasar dari Tipografi, Monogram, Inisial, Typo Images, Black Letters, Layout dan Typeface Design. Melalui mata kuliah ini mahasiswa mampu membuat karya desain dengan mengaplikasikan prinsip dasar tipografi sebagai elemen dasar, melalui teknik manual secara mandiri dan tersupervisi. Penguasaan atau kemampuan dalam Tipografi akan akan memberikan kontribusi pada kualitas estetika desain visual yang dihargai oleh target audience. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan materi Tipografi dalam bahan ajar mata kuliah Tipografi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Author Biography

Rendy Iswanto, Universitas Ciputra

SINTA ID: 6779521, GS ID: q7ULNQ4AAAAJ&hl

References

Cullen, K. (2012). Design elements: Typography fundamentals. Massachusetts: Rockport.

Hananto, B. A. (2019). Tinjauan karya desain poster quotes dalam mata kuliah tipografi dasar. Jurnal Desain, 6(3), 195–206.

Harkins, M. (2010). Basics typography 02: Using type. Switzerland: AVA Publishing

Lupton, E. (2004). Thinking with type: A critical guide for designers, writers, editors & students. Edited by Mark Lamster. New York: Princeton Architectural Press. https://doi.org/1-56898-448-0.

Samara, T. (2011). Typography workbook: A real-world guide to using type in graphic design. Massachusetts: Rockport.

Saidah, N. (2016). Pengembangan buku ajar Statistik sebagai penunjang perkuliahan. Refleksi Edukatika, 6(2).

Sihombing, D. (2015). Tipografi dalam desain grafis. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Iswanto, R. (2023). Perancangan Buku Ajar Tipografi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 23(2), 123-129. https://doi.org/10.9744/nirmana.23.2.123-129

Issue

Section

Articles