Analisis Tipografi dalam Konten Instagram @disbudparkotasemarang sebagai Penguatan City Branding Semarang “Simpul Ekonomi Jawa”

Authors

  • Bayu Widiantoro Universitas Katolik Soegijapranata
  • Alfons Christian Hardjana Universitas Katolik Soegijapranata
  • Bonifacio Bayu Senasaputro Universitas Katolik Soegijapranata

DOI:

https://doi.org/10.9744/nirmana.25.1.12-19

Keywords:

city branding, branding, tipografi, Semarang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kesesuaian antara branding yang dicanangkan dengan proses branding yang diaplikasikan melalui tipografi pada desain visual tampilan unggahan @disbudparkotasemarang. Data diambil dari akun Instagram yang diunggah sejak city branding Semarang, “Simpul Ekonomi Jawa”, dimunculkan. Analisis dilakukan dengan melihat pada jumlah bentuk huruf yang digunakan dan jenis tipografi yang ada di dalamnya. Hal ini kemudian dikaitkan dengan bentuk tipografi yang ada di dalam logo city branding Semarang. Hasil dari penelitian ini adalah kesesuaian antara bentuk huruf dan jenis tipografi dengan bentuk dan jenis tipografi yang ada pada logo city branding  Semarang “Simpul Ekonomi Jawa”. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pembuatan standarisasi penggunaan tipografi dan huruf pada unggahan Instagram untuk memperkuat city branding Semarang “Simpul Ekonomi Jawa”.

References

Afriwan, H. (2021). Fungsi dan makna huruf vernakular sebagai karya desain jalanan. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 10(02), 445-453.

Aldianto, L. (2019). City branding vs. cultural branding: towards a theoritical for developing bandung identity. Kinerja , 42-53.

Darmawanto, E. (2019). Tipografi dasar karakteristik huruf. Jepara: Unicnu Press.

Faisal, F. A. (2022). Membangun identitas Bandar Lampung dengan merancang typeface aksara Lampung. KREATIF(Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental dan Inovatif, 4(1), 35-44.

Hanindharputri, M. A. (2018, November). Elemen Visual sebagai pembentuk kekuatan logo. SENADA Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi, 1, 161-166.

Hanindharputri, M. A. (2022). Konten visual Instagram sebagai upaya branding desa wisata pada masa saat pandemi Covid-19 (Studi kasus pada Instagram Desa Kemiren, Desa Penglipuran dan Desa Waerebo). JURNAL BAHASA RUPA, 6(1), 90-98.

Hermanto, Y. A. (2018). Identifikasi ilustrasi tipografi graphic vernacular sebagai sistem tanda & identitas warung tenda di Kota Malang. JADECS (Jurnal of Art Design, Art Education & Culture Studies), 3(2), 74-83.

Lestari, R. B. (2016). Membangun citra sebuah kota dalam persaingan global melalui city branding. Jurnal Ilmiah STIE MDP, 5(2), 68-79.

Patria, A. S. (2022). Tipografi. Klaten: Lakeisha.

Prabowo, I. D. (2020). Efektivitas rebranding Humas Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap citra baru Malioboro. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(3), 307-313.

Pradika, M. D. (2020). Kajian ilustrasi, tipografi, dan warna dalam membentuk estetika pada desain kemasan pod cokelat edisi dark chocolate bal. PRABANGKARA Jurnal Seni Rupa dan Desain, 4(2),59 - 63.

R.A. Susanti. (2018). Strategi city branding Pekalongan †œworld’ S city of batikâ€. Gelar, 96-110.

Semarang, B. k. (2012, Juni 25). https://bappeda.semarangkota.go.id. Diambil kembali dari Bappeda, kota Semarang: https://bappeda.semarangkota.go.id/uploaded/prop_city.pdf

Wasino, @. (2022). Semarang sebagai simpul ekonomi bank indonesia dalam dinamika perekonomian Jawa Tengah. Jakarta: Bank Indonesia Institute.

Wibisono, L. (2022, Agustus 22). https://halosemarang.id. Diambil kembali dari https://halosemarang.id/kota-semarang-punya-brand-baru-simpul-ekonomi-jawa

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Widiantoro, B., Hardjana, A. C., & Senasaputro, B. B. (2025). Analisis Tipografi dalam Konten Instagram @disbudparkotasemarang sebagai Penguatan City Branding Semarang “Simpul Ekonomi Jawa”. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 25(1), 12–19. https://doi.org/10.9744/nirmana.25.1.12-19