Strategi Kreatif Iklan Billboard Produk “Sasa MSG” dalam Mengubah Stigma Negatif

Authors

  • Wegig Murwonugroho Universitas Trisakti

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.23.2.130-138

Keywords:

citra negatif, media luar ruang, pesan, strategi, visual

Abstract

Bumbu masak “Sasa MSG” pada dekade terakhir ini ditengarai mengandung bahan yang tidak sehat bagi tubuh. Terdapat iklan media luar ruang (billboard) yang berusaha mengedukasi masyarakat guna menepis pandangan negatif. Visualisasi iklan menampilkan berbagai daya tarik mulai dari tampilan anak remaja kekinian, kalimat nyeleneh, hingga ikan cupang yang sedang marak di kalangan masyarakat. Respons masyarakat terhadap media luar ruang tersebut sangat antusias, terlihat dari ramainya perbincangan di media sosial seperti Twitter dan Instagram. Permasalahan muncul di saat masyarakat hanya fokus terhadap daya tarik yang ditampilkan dan tidak peduli dengan pesan yang ingin disampaikan. Metode penelitian menggunakan semiotika Saussure. Dalam analisis pembahasan ditemukan, bahwa menampilkan hal-hal kekinian berhasil menarik perhatian masyarakat, akan tetapi pesan yang ingin disampaikan tidak dapat tersampaikan dengan baik karena masyarakat hanya fokus pada hal-hal kekinian yang ditampilkan. Simpulan dari artikel ini diketahui bahwa keunggulan dari media luar ruang telah berhasil memikat banyak perhatian masyarakat namun kegagalan dari media luar ruang adalah sulitnya untuk menyampaikan pesan dengan baik dan efektif kepada masyarakat. Strategi yang paling tepat guna mengangkat produk yang mengalami citra negatif adalah dengan cara membuat kalimat yang singkat namun informatif dan tidak menampilkan hal-hal kekinian hanya sebagai daya tarik tetapi juga sebagai sarana informasi yang mudah dipahami oleh masyarakat.

Author Biography

Wegig Murwonugroho, Universitas Trisakti

SINTA ID: 5984630, GS ID: 9rg-KQYAAAAJ&hl

References

Badan POM, (2021, Maret 29). Penggunaan MSG dalam makanan. Pesan disampaikan dalam

https://www.pom.go.id/new/view/more/berita/22029/Penggunaan-MSG-dalam-Makanan.html

Durianto, dkk. (2003). Inovasi pasar dengan iklan yang efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Glenaldo, C., Murwonugroho, W., & Waspada, E.B. (2022). Perancangan booth pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) sebagai Brand Image PT Nissan Motor Indonesia. Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 4(2), 153-170.

Gunadi, R. J. (2018). Efektivitas pesan iklan “anti aging” ERHA pada media billboard di Surabaya. Jurnal E-Komunikasi, 6(1), 1-12.

Lustyantie, N. (19 Desember 2012). Pendekatan semiotik model roland barthes dalam karya sastra Prancis. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia.

Moleong, L. J. (2005). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Murwonugroho, W. (2015). Makna dalam iklan Ambient Media: Sebuah pendekatan analisis wacana kritis. Disertasi. Program Studi Doktor Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung.

Santoso, E. D., & Larasati, N. (2019). Benarkah iklan online efektif untuk digunakan dalam promosi perusahaan?. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 13(1), 28-36.

Saraswati, M. M. D., & Hardinsyah. (2012). Pengetahuan dan perilaku konsumsi mahasiswa putra tingkat persiapan bersama IPB tentang Monosodium Glutamat dan keamanannya. Jurnal Gizi dan Pangan, 7(2), 111-118.

Suciningtyas, W. (2012). Pengaruh brand awareness, brand image, dan media communication terhadap keputusan pembelian. Management Analysis Journal, 1(1), 1-8.

Sulastri, S. (2017). Analisis kadar Monosodium Glutamat (MSG) pada bumbu mie instan yang diperjualbelikan di koperasi wisata Universitas Indonesia Timur. Media Laboran: Jurnal Analis Kesehatan, 7(1), 5-9.

Wardi, L., & Kartikasari, D. (2017). Analisis efektivitas periklanan KEK pisang villa melalui iklan billboard dan videotron dengan menggunakan epic model. Jurnal Inovasi Bisnis, 5(1), 67-81.

Wibowo, A. A., & Ayu, D. D. F. (2020). Analisis ikonologi iklan billboard Go-Pay di Yogyakarta. Citra Dirga: Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Intermedia, 2(1), 1-12.

Wicaksono, E., Susilo, M. E., & Lestari, P. (2008). Iklan luar ruang: Antara kepentingan ekonomi dengan kepentingan publik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 131-144.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Murwonugroho, W. (2023). Strategi Kreatif Iklan Billboard Produk “Sasa MSG” dalam Mengubah Stigma Negatif. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 23(2), 130-138. https://doi.org/10.9744/nirmana.23.2.130-138

Issue

Section

Articles