Analisis Makna Gambar Label Kemasan Produk Pureco Floor Cleaner sebagai “Household Representation”

Authors

  • Maya Putri Utami Universitas Katolik Soegijapranata

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.24.2.114-122

Keywords:

kemasan, label, representasi rumah tangga, elemen visual

Abstract

Produk rumah tangga merupakan produk yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari di dalam rumah tangga, terutama bagi orang tua yang memiliki bayi atau hewan peliharaan di rumahnya. Untuk merepresentasikan image dari produk, desain kemasan memiliki peran yang sangat penting. Pureco merupakan merek dari produk-produk rumah tangga yang menggunakan bahan alami dari tanaman sebagai bahan baku utama di dalam pembuatannya. Pada kemasan produk Pureco terdapat gambar yang berbentuk ilustrasi ember, pel, bayi, anak anjing, dan anak kucing yang menunjukkan makna gambar sebagai household representation. Gambar-gambar tersebut dapat diartikan sebagai representasi dari sebuah rumah tangga yang ramah anak, hewan peliharaan, dan aman. Penelitian ini menggunakan tinjauan desain dengan pendekatan kritik seni dan bertujuan untuk mengetahui apa makna yang terkandung di dalam ilustrasi kemasan produk Pureco Floor Cleaner sebagai “household representation.

References

Abd-El-Salam, E. M. (2020). Investigating loyalty through CSR: The mediating role of brand image and brand trust. Journal of Customer Behaviour, 19(3), 252-279.

Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), 660-669.

Andromeda, N. (2019). Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian Wipol 5 in 1 di Griya Toserba Sunda Bandung. Doctoral dissertation, Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi-Bisnis Universitas Widyatama.

Ardhianto, P. (2016). Tinjauan desain pada karya poster; studi kasus seri poster" Marlyn Fish 2009". ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 2(1), 15-22.

Bangun, S. (2000). Kritik seni rupa. Penerbit ITB.

Chrestella, A. (2018). Ilustrasi merchandise memanfaatkan fenomena K-Pop di Indonesia. Rupaka, 1(1).

Dewojati, R. W. W. (2022). Kritik seni iklan sosial anti rokok. Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual, 1(2), 110-120.

DuPuis, S., & Silva, J. (2008). Package design workbook: The art and science of successful packaging. Rockport Publishers.

Eklund, A. A. (2022). The mediating impact of brand love and brand image between brand experience and brand loyalty: An analysis of car brands. Academy of Marketing Studies Journal, 26, 1-14.

El-Said, O. A. (2020). Impact of online reviews on hotel booking intention: The moderating role of brand image, star category, and price. Tourism Management Perspectives, 33, 100604.

Elkins, J., & Newman, M. (2007). The state of art criticism (Vol. 4). London: Routledge.

Feldman, E. B. (1971). Varieties of visual experience; art as image and idea.

Fletcher, P. M. (2005). Consuming modern art: metaphors of gender, commerce and value in late-Victorian and Edwardian art criticism. Visual Culture in Britain, 6(2), 157-168.

Gil-Pérez, I., Rebollar, R., & Lidón, I. (2020). Without words: The effects of packaging imagery on consumer perception and response. Current Opinion in Food Science, 33(2), 69-77.

Hagijanto, A. D. (1999). White Space dalam iklan di media cetak. Nirmana, 1(2).

He, B., Shao, Y., Wang, S., Gu, Z., & Bai, K. (2019). Product environmental footprints assessment for product life cycle. Journal of cleaner production, 233, 446-460.

John, J., Prayogi, R., & Ramadhani, I. (2023). Makna warna logo toko Sun Kado Houseware terhadap psikologi persepsi konsumen. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 8(1), 84-93.

Julianti, S. (2014). The art of packaging: Mengenal metode, teknik, & strategi. Gramedia Pustaka Utama.

KBBI. (2023). Kritik. Retrieved from https://kbbi.web.id/kritik

Keller, K. L. (2020). Leveraging secondary associations to build brand equity: theoretical perspectives and practical applications. International Journal of Advertising, 39(4), 448-465.

Lin, Y. H., Lin, F. J., & Wang, K. H. (2021). The effect of social mission on service quality and brand image. Journal of Business Research, 132, 744-752.

Liu, B., Song, Q., Zheng, H., Ma, Y., & Li, K. (2022). Remanufacturing production decisions considering product life cycle and green consumers' scale in the circular economy. Industrial Management & Data Systems, (ahead-of-print).

Marliawati, A., & Cahyaningdyah, D. (2020). Impacts the brand of experience and brand image on brand loyalty: Mediators brand of trust. Management Analysis Journal, 9(2), 140-151.

Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan packaging dalam meningkatkan hasil produksi terhadap konsumen. Jurnal sosial humaniora (JSH), 8(2), 181-191.

Patria, A. S., & Kristiana, N. (2022). Tipografi. Penerbit Lakeisha.

Pureco. (2023). Inc Brands. Retrieved from https://inc-brands.co/pureco/

Purnomo, C. A., Mahanaim, S. A., Loc, F. Y. R., Ardaniah, V., & Ardhiantob, P. (2021). Visual language of Javanese script on shoe design as cultural identity. Gelar: Jurnal Seni Budaya, 19(2), 105-113.

Pusposari, A. B., & Lakoro, R. (2017). Perancangan karakter game RPG berdirinya Kerajaan Singosari untuk aplikasi permainan dengan gaya visual chibi. Jurnal Sains dan Seni ITS, 5(2).

Mohebbi, B. (2014). The art of packaging: An investigation into the role of color in packaging, marketing, and branding. International journal of organizational leadership, 3(3), 92-102.

Noor, M. (2002). Wacana kritik seni rupa di Indonesia. Penerbit Nuansa.

Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127-136.

Rahmawaty, D., & Nur, A. R. (2020). Analisis pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk smartphone Oppo. Jurnal ekonomi, 23(1), 1-12.

Plumeyer, A., Kottemann, P., Böger, D., & Decker, R. (2019). Measuring brand image: a systematic review, practical guidance, and future research directions. Review of Managerial Science, 13(4), 227-265.

Roose, H., Roose, W., & Daenekindt, S. (2018). Trends in contemporary art discourse: Using topic models to analyze 25 years of professional art criticism. Cultural Sociology, 12(3), 303-324.

Saydan, R., & Dulek, B. (2019). The impact of social media advertisement awareness on brand awareness, brand image, brand attitude and brand loyalty: a research on university students. International Journal of Contemporary Economics and Administrative Sciences, 9(2), 470-494.

Valentino, D. E. (2019). Pengantar tipografi. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 6(2), 152-173.

Zharandont, P. (2015). Pengaruh warna bagi suatu produk dan psikologis manusia. Bandung. Universitas Telkom.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Utami, M. P. (2024). Analisis Makna Gambar Label Kemasan Produk Pureco Floor Cleaner sebagai “Household Representation”. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 24(2), 114-122. https://doi.org/10.9744/nirmana.24.2.114-122

Issue

Section

Articles