Perancangan Board Game Sebagai Media Pelatihan Karyawan dalam Penerapan Core Value AKHLAK di PT Pos Indonesia (Persero)

Authors

  • Vincensius Dinar Satria Wijaya Universitas Kristen Satya Wacana
  • T. Arie Setiawan Prasida Universitas Kristen Satya Wacana
  • Jasson Prestiliano Universitas Kristen Satya Wacana

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.24.2.155-166

Keywords:

media pelatihan, board game, core values, AKHLAK, PT Pos Indonesia (Persero)

Abstract

Setiap perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) termasuk PT Pos Indonesia (Persero) wajib menerapkan nilai inti budaya perusahaan yaitu AKHLAK. Kebijakan tersebut telah tertulis pada Surat Edaran Menteri BUMN Nomor SE-7/MBU/07/2020 tanggal 1 Juli 2020. Berdasarkan nilai indeks implementasi nilai AKHLAK, PT Pos Indonesia (Persero) masih tergolong kurang sehat. Penelitian ini membahas tentang penerapan nilai-nilai dari budaya perusahaan AKHLAK yang wajib diterapkan PT Pos Indonesia (Persero). Tujuan dibuatnya penelitian ini adalah dirancangnya board game sebagai media pelatihan karyawan tentang core values AKHLAK sehingga karyawan dapat lebih mudah untuk memahami penerapan dari budaya perusahaan AKHLAK. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan strategi linier. Hasil yang didapatkan adalah board game “Pohon AKHLAK” dapat digunakan menjadi media untuk melatih karyawan dalam memahami core values AKHLAK dan berhasil dengan baik.

References

Arifin, M. (2019). Animasi materi pelatihan mesin kebersihan pada PT. ISS Indonesia pada area Rumah Sakit Hermina Depok.

Divisi Culture Management. (2021). Akhlak transformation & news. Bandung: PT. Pos Indonesia, 4.

Divisi Culture Management. (2021). Akhlak transformation & news. Bandung: PT. Pos Indonesia, 5.

Fauziati, T., & Susilowibowo, J. (2021). Pengembangan permainan ludo King Of Accounting (Doting) sebagai media pengayaan pada materi jurnal khusus perusahaan dagang. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 9(1), 46–55.

Hazna, M. (2020). Hambatan guru terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual di MTS Yapi Pakem.

Larasati putri, a. (2021). Strategi komunikasi internal perusahaan bumn dalam sosialisasi core value di masa pandemi (Studi pada sosialisasi akhlak pada PP Energi). Universitas Multimedia Nusantara.

Mihardjo, l. W. W. (2020). Budaya perusahaan di era digital berbasis co-ceration-innovation. Dalam strategi management of digital era: revisited concepts and findings. Surabaya: artha karya pustaka.

Mufida, A., & Abidin, M. R. (2021). Perancangan board game sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris anak usia 6-10 tahun. Barik, 2(3), 44–59.

Nagara, A. C. S., Widiyanti, H. K., Vionita, M., Tsania, R., & Agustina, I. A. (2021). Peran ruang relaksasi pada perancangan berkonsep kreatif untuk peningkatan kreativitas karyawan kantor 24slides Indonesia. Jadecs (jurnal of art, design, art education & cultural studies), 6(1), 53–59.

Nugroho, E. (2013). Game design process. Retrieved from slideshare: https://www.slideshare.net/kummara/game-design-process-2013-kummara.

Posindonesia.co.id. (2021). Akhlak activation PT Pos Indonesia (Persero). Retrieved from https://www.posindonesia.co.id/en/artikel/detail/110/akhlak-activation-pt-pos-indonesia-persero

Radzi, S., Ying, T. Y., Abidin, M. Z. Z., & Ahmad, P. A. (2020). The effectiveness of board game towards soft skills development for higher education. Elementary education online, 19(2), 94–106.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Rokhman, F., Syaifudin, A., & Pratama, H. (2020). Kepemimpinan bertumbuh bagi para pemimpin perguruan tinggi swasta di jawa tengah pada era disrupsi. Varia humanika, 1(1), 1–9.

Rozi, A. (2019). Manajemen startegis dalam era globalisasi. Jumanji (Jurnal Manajemen Jambi), 2(1), 38–44. https://doi.org/10.35141/jmj.v2i1.462

Safitri, R. P. (2018). Pengaruh budaya perusahaan terhadap motivasi kerja dan dampaknya pada kinerja karyawan. Journal of Management Review, 2(2), 198–202.

Salmaa. (2021). Pengertian penelitian deskriptif, karakter, ciri-ciri dan contohnya. Retrieved from https://www.duniadosen.com/penelitian-deskriptif/

Sarwono, J., & Lubis, H. (2007). Metode riset untuk desain komunikasi visual. Yogyakarta: Andi.

Sastra, F. (2019). Perancangan board game berdasarkan kisah bharatayudha.

Siburian, R., Lukman, S., & Kurniawati, L. (2020). Analisis penerapan standar operasional pelayanan publik pada kantor kecamatan menteng kota administrasi jakarta pusat provinsi dki jakarta. Jurnal Ilmiah Ekbank, 3(1).

Thohir, E., & Agustian, A. G. (2020). Akhlak untuk negeri. Arga tilanta.

Vagansza. (2020). Mengenal mekanik kooperatif dan macam-macamnya [pojok desain]. Retrieved from https://boardgame.id/?p=61348

Vagansza. (2021, March 10). 4 manfaat board game kooperatif untuk asah teamwork dan leadership. Retrieved from https://boardgame.id/?p=62279

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Wijaya, V. D. S., Prasida, T. A. S., & Prestiliano, J. (2024). Perancangan Board Game Sebagai Media Pelatihan Karyawan dalam Penerapan Core Value AKHLAK di PT Pos Indonesia (Persero). Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 24(2), 155-166. https://doi.org/10.9744/nirmana.24.2.155-166

Issue

Section

Articles