Perancangan Social Media Strategy Instagram PT XYZ untuk Membangun Brand Awareness

Authors

  • Michellina Irene Karouw Universitas Kristen Satya Wacana
  • Michael Bezaleel Universitas Kristen Satya Wacana
  • Birmanti Setia Utami Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.9744/nirmana.24.2.123-136

Keywords:

strategi media sosial, Instagram, kesadaran merek

Abstract

Strategi media sosial merupakan sebuah perencanaan terstruktur yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan pada media sosial. Banyaknya pengguna aktif media sosial di Indonesia memberikan kesempatan kepada setiap perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan dengan menjangkau konsumen-konsumen potensial melalui media sosial. Instagram merupakan salah satu media sosial yang sering digunakan oleh target audiens PT XYZ. Oleh karena tujuan penelitian ini adalah merancang strategi media sosial Instagram PT XYZ untuk membangun kesadaran merek PT XYZ. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif di mana tahapan penelitiannya mengacu pada social media strategy wheels. Berdasarkan hasil pengujian, strategi media sosial Instagram yang dirancang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan target audiens dalam pengembangan bisnis mereka dan memberi keyakinan kepada target audiens untuk menggunakan jasa PT XYZ. Hasil dari penelitian ini adalah strategi media sosial Instagram yang mampu membangun brand awareness PT XYZ.

References

Abadi, M. M. (2021). Graphic design untuk memaksimalkan konten di media sosial. Retrieved from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pamekasan/baca-artikel/14449/Desain-Grafis-untuk-Memaksimalkan-Konten-di-Media-Sosial.html.

Amral, I. (2015). Instagram - social media. California: SAGE Publications.

Breakenridge. (2012). Social media and public relations. Canada: Pearson Education International.

Data Reportal. (2021). Digital 2021: Indonesia. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia.

Kerpen, D. (2011). Likeable social media. New York: McGraw-Hill.

Hanindharputri, M. A., & Pradnyanita, A. A. (2021). Konten visual instagram sebagai strategi pemasaran UMKM baru. Prosiding SNADES 2021 - Kebangkitan Desain & New Media: Membangun Indonesia di Era Pandemi. http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2918.

Kusumastuti, A. & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Manning, J. (2014.) Social media, definition and classes of. In K. Harvey (Ed.), Encyclopedia of social media and politics (pp. 1158-1162). Thousand Oaks, CA: Sage.

Mui, C. K., & Ming, L. T. (2020). A critical review on impression rate and pattern on social media sites. International Conference on Digital Transformation and Applications (ICDXA), pp. 62-66.

Napoleon Cat. (2021). Instagram users in Indonesia. Retrieved from https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2021/12/

Rachmansyah, M. & Supratman, L. P. (2020). Peran media Instagram dalam memasarkan produk fashion Dollies. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 24(1), 73 - 90

Rahmadhani, U., Purnomo, D., & Pujianto. (2021). Strategi promosi dalam meningkatkan brand awareness melalui media sosial Instagram pada startup Trafeeka Coffee. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), 5(2), 377-389.

Sarwono, J., & Lubis, H. (2007). Metode riset untuk desain komunikasi visual. Yogyakarta: CV Andi Offset

Sprout Social Index. (2019). The sprout social index, edition XV: Empower & elevate. Retrieved from https://sproutsocial.com/insights/data/2019-index/

Sudirman, A. (2022). Brand marketing: The art of branding. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Tritama, H. B., & Tarigan, R. E., (2016). The effect of social media to the brand awareness of a product of a company. CommIT Journal, 10(1), 9–14.

Wisuda, I. K. P. (2019). Efektivitas pemasaran jasa photography melalui media sosial Instagram di Bali. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(1), 169-184.

Wörfel, S. (2019). Brand-awareness through marketing on Instagram – An Instagram marketing strategy for ONIMOS Clothing. Saimaa University. Lappeenranta. https://www.theseus.fi/handle/10024/230887

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Karouw, M. I., Bezaleel, M., & Utami, B. S. (2024). Perancangan Social Media Strategy Instagram PT XYZ untuk Membangun Brand Awareness. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 24(2), 123–136. https://doi.org/10.9744/nirmana.24.2.123-136

Issue

Section

Articles