Perancangan Social Media Strategy Instagram PT XYZ untuk Membangun Brand Awareness
DOI:
https://doi.org/10.9744/nirmana.24.2.123-136Keywords:
strategi media sosial, Instagram, kesadaran merekAbstract
Strategi media sosial merupakan sebuah perencanaan terstruktur yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan pada media sosial. Banyaknya pengguna aktif media sosial di Indonesia memberikan kesempatan kepada setiap perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan dengan menjangkau konsumen-konsumen potensial melalui media sosial. Instagram merupakan salah satu media sosial yang sering digunakan oleh target audiens PT XYZ. Oleh karena tujuan penelitian ini adalah merancang strategi media sosial Instagram PT XYZ untuk membangun kesadaran merek PT XYZ. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif di mana tahapan penelitiannya mengacu pada social media strategy wheels. Berdasarkan hasil pengujian, strategi media sosial Instagram yang dirancang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan target audiens dalam pengembangan bisnis mereka dan memberi keyakinan kepada target audiens untuk menggunakan jasa PT XYZ. Hasil dari penelitian ini adalah strategi media sosial Instagram yang mampu membangun brand awareness PT XYZ.
References
Abadi, M. M. (2021). Graphic design untuk memaksimalkan konten di media sosial. Retrieved from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pamekasan/baca-artikel/14449/Desain-Grafis-untuk-Memaksimalkan-Konten-di-Media-Sosial.html.
Amral, I. (2015). Instagram - social media. California: SAGE Publications.
Breakenridge. (2012). Social media and public relations. Canada: Pearson Education International.
Data Reportal. (2021). Digital 2021: Indonesia. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia.
Kerpen, D. (2011). Likeable social media. New York: McGraw-Hill.
Hanindharputri, M. A., & Pradnyanita, A. A. (2021). Konten visual instagram sebagai strategi pemasaran UMKM baru. Prosiding SNADES 2021 - Kebangkitan Desain & New Media: Membangun Indonesia di Era Pandemi. http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2918.
Kusumastuti, A. & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Manning, J. (2014.) Social media, definition and classes of. In K. Harvey (Ed.), Encyclopedia of social media and politics (pp. 1158-1162). Thousand Oaks, CA: Sage.
Mui, C. K., & Ming, L. T. (2020). A critical review on impression rate and pattern on social media sites. International Conference on Digital Transformation and Applications (ICDXA), pp. 62-66.
Napoleon Cat. (2021). Instagram users in Indonesia. Retrieved from https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2021/12/
Rachmansyah, M. & Supratman, L. P. (2020). Peran media Instagram dalam memasarkan produk fashion Dollies. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 24(1), 73 - 90
Rahmadhani, U., Purnomo, D., & Pujianto. (2021). Strategi promosi dalam meningkatkan brand awareness melalui media sosial Instagram pada startup Trafeeka Coffee. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), 5(2), 377-389.
Sarwono, J., & Lubis, H. (2007). Metode riset untuk desain komunikasi visual. Yogyakarta: CV Andi Offset
Sprout Social Index. (2019). The sprout social index, edition XV: Empower & elevate. Retrieved from https://sproutsocial.com/insights/data/2019-index/
Sudirman, A. (2022). Brand marketing: The art of branding. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Tritama, H. B., & Tarigan, R. E., (2016). The effect of social media to the brand awareness of a product of a company. CommIT Journal, 10(1), 9–14.
Wisuda, I. K. P. (2019). Efektivitas pemasaran jasa photography melalui media sosial Instagram di Bali. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(1), 169-184.
Wörfel, S. (2019). Brand-awareness through marketing on Instagram – An Instagram marketing strategy for ONIMOS Clothing. Saimaa University. Lappeenranta. https://www.theseus.fi/handle/10024/230887
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Michellina Irene Karouw, Michael Bezaleel, Birmanti Setia Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.