Pengembangan Komik Instagram “Toomis Booncis” Bertemakan Leisure bagi Remaja
DOI:
https://doi.org/10.9744/nirmana.25.1.1-11Keywords:
komik digital, Instagram, media sosial, remaja, leisureAbstract
Leisure time merupakan salah satu faktor penting dalam perkembangan sosial remaja. Sebenarnya konsep leisure sangat menarik untuk dibahas dan diketahui oleh remaja, namun ternyata studi mengenai leisure di Indonesia masih kurang banyak dibahas. Sehingga melalui hal ini, munculah sebuah ide untuk membuat suatu hiburan bagi remaja bertemakan leisure time yang menarik dan mudah diakses. Dirancanglah komik digital “Toomis Booncis” yang bertujuan sebagai hiburan bagi remaja bertemakan leisure time dengan konten cerita mengenai aktivitas keseharian remaja yang berhubungan dengan leisure activity mereka. Komik ini ditargetkan untuk remaja yang berusia 17-22 tahun yang aktif menggunakan media sosial Instagram. Unik mengembangkan komik yang cocok untuk remaja, dilakukan pengumpulan data melalui wawancara dan survei. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana membuat konten cerita komik di media sosial dengan baik dan menerapkan konsep leisure dengan cara yang menyenangkan dan menghibur.
References
Adhia, A. (2017). Perilaku pemanfaatan waktu luang di kalangan siswa SMP dan SMA di Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Aulia, S. (2017). Gambaran harga diri pada siswa SMK Dhuafa Nusantara 1 Padang tahun 2016 (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).
Beard, J. G., & Ragheb, M. G. (1980). Measuring leisure satisfaction. Journal of Leisure Research, 12(1), 20–33. https://doi.org/10.1080/00222216.1980.11969416
Horner, S., & Swarbrooke, J. (2004). Leisure marketing (1st ed). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780080478 937
Monica, M., & Luzar, L. C. (2011). Efek warna dalam dunia desain dan periklanan. Humaniora, 2(2), 1084-1096.
Prayudha, S. G. (2018). Hubungan antara adiksi game online dengan keterampilan sosial pada remaja (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).
Puteri, N. R., & Mahadian, A. B. (2019). Isu sosial dalam bentuk internet meme menjelang pemilihan presiden 2019 (Analisis konten pada meme gambar dalam Instagram@ memecomic. id). Scriptura, 9(1), 1-8.
Ramadhani, N., & Putra, R. D. (2017). Komik strip sebagai media kritik sosial: Studi pada akun Instagram@ Komikin_ajah. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 8(1), 26-38.
Satyagraha, A., & Mahatmi, N. (2018). Study of mascot design character as part of city branding: Malang city. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 11(2).
Siregar, M. E. L., & Grasiaswaty, N. (2021). Studi awal adaptasi alat ukur leisure satisfaction di Indonesia. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 12(2), 105-125.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agnes Delicia Husada, Christian Anggrianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.