Analisis Desain Karakter dan Worldbuilding pada Game “Juragan Kost” sebagai Representasi Visual Budaya Kos-Kosan di Indonesia

Authors

  • Tsasyshaum Alna Najmura Institut Teknologi Bandung
  • Dianing Ratri Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.9744/nirmana.25.1.32-49

Keywords:

game, Juragan Kos, desain karakter, worldbuilding, visual budaya

Abstract

Permainan seringkali dibuat dengan merepresentasikan kehidupan sehari-hari agar pemain dapat merasakan pengalaman dari kegiatan dalam game tersebut dan memunculkan identitas suatu hal. Pada game “Juragan Kost”, desain karakter dan worldbuilding tersebut dapat berperan untuk merepresentasikan visual budaya kos-kosan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis representasi visual budaya kos-kosan yang muncul dengan menganalisis tiga kategori karakter menggunakan metode Manga Matrix dan worldbuilding menggunakan teori dari The Kobold Guide to Worldbuilding. Melalui analisis yang dilakukan, karakter dan worldbuilding di dalam Game Juragan Kos dirancang dengan matang menggunakan visual budaya kos-kosan yang ada di Indonesia sebagai referensi dan ditunjukkan melalui visual game.

References

Administrator. (2019). Melongok jalan legendaris di Kota Bandung. Indonesia. Go. https://indonesia.go.id/kategori/budaya/1243/melongok-jalan-legendaris-di-kota-bandung?lang=1

Baur, W. (2012). The kobold guide to worldbuilding. Kobold Press.

Beiman, N. (2007). Prepare to board! : Creating story and characters for animated feature. Focal Press.

Blair, P. (1994). The preston blair animation book. Walter Foster Publishing.

Gunawan, J. E. (2023). Arti nama Wati dalam Bahasa Jawa, Indonesia banget nih. Hai Bunda. https://www.haibunda.com/nama-bayi/20230116180513-88-295088/arti-nama-wati-dalam-bahasa-jawa-indonesia-banget-nih

Halim, M. C. (2022). Riwayat bajaj, hampir 50 tahun melintasi jalan Ibu Kota. Kompas.

Irawan, A. (2023). 10 Fakta warna mata orang Indonesia. Sehatq.

Islam, M. T., Nahiduzzamen, K. M., Why, Y. P., & Ashraf, G. (n.d.). Learning from humanoid cartoon designs. In 10th Industrial Conference on Data Mining ICDM.

Kristiani. (2021). Jangan asal manggil Uwak di Medan. Mojok.

Kuswara, E. (2022). Filosofi cuanki dan cari uang jalan kaki. Karopak.

Nurcahyanto, R. (2020). [GIMINDO] Juragan kos, game lokal ajak kamu jadi ibu kos super galak. https://duniagames.co.id/discover/article/gimindo-juragan-kos-game

Nurridha, L. (2017). Revolusi catokan rambut dari masa ke masa. Kumparan Style. https://kumparan.com/kumparanstyle/

revolusi-catokan-rambut-dari-masa-ke-masa

Pasys, R. (2023). 5 macam ras yang ada di Indonesia dan ciri fisiknya. Kids Grid. https://kids.grid.id/read/473678778/5-macam-ras-yang-ada-di-indonesia-dan-ciri-ciri-fisiknya?page=all

Permana, D. F. W. (2013). Perkembangan keseimbangan pada anak usia 7 s/d 12 tahun ditinjau dari jenis kelamin. Media Ilmu Keolahragaan, 3(1).

Tom, B. (2006). Creating characters with personal. Watson-Guptil.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Najmura, T. A., & Ratri, D. (2025). Analisis Desain Karakter dan Worldbuilding pada Game “Juragan Kost” sebagai Representasi Visual Budaya Kos-Kosan di Indonesia. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 25(1), 32–49. https://doi.org/10.9744/nirmana.25.1.32-49