Analisis Desain Karakter dan Worldbuilding pada Game “Juragan Kost” sebagai Representasi Visual Budaya Kos-Kosan di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.9744/nirmana.25.1.32-49Keywords:
game, Juragan Kos, desain karakter, worldbuilding, visual budayaAbstract
Permainan seringkali dibuat dengan merepresentasikan kehidupan sehari-hari agar pemain dapat merasakan pengalaman dari kegiatan dalam game tersebut dan memunculkan identitas suatu hal. Pada game “Juragan Kost”, desain karakter dan worldbuilding tersebut dapat berperan untuk merepresentasikan visual budaya kos-kosan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis representasi visual budaya kos-kosan yang muncul dengan menganalisis tiga kategori karakter menggunakan metode Manga Matrix dan worldbuilding menggunakan teori dari The Kobold Guide to Worldbuilding. Melalui analisis yang dilakukan, karakter dan worldbuilding di dalam Game Juragan Kos dirancang dengan matang menggunakan visual budaya kos-kosan yang ada di Indonesia sebagai referensi dan ditunjukkan melalui visual game.
References
Administrator. (2019). Melongok jalan legendaris di Kota Bandung. Indonesia. Go. https://indonesia.go.id/kategori/budaya/1243/melongok-jalan-legendaris-di-kota-bandung?lang=1
Baur, W. (2012). The kobold guide to worldbuilding. Kobold Press.
Beiman, N. (2007). Prepare to board! : Creating story and characters for animated feature. Focal Press.
Blair, P. (1994). The preston blair animation book. Walter Foster Publishing.
Gunawan, J. E. (2023). Arti nama Wati dalam Bahasa Jawa, Indonesia banget nih. Hai Bunda. https://www.haibunda.com/nama-bayi/20230116180513-88-295088/arti-nama-wati-dalam-bahasa-jawa-indonesia-banget-nih
Halim, M. C. (2022). Riwayat bajaj, hampir 50 tahun melintasi jalan Ibu Kota. Kompas.
Irawan, A. (2023). 10 Fakta warna mata orang Indonesia. Sehatq.
Islam, M. T., Nahiduzzamen, K. M., Why, Y. P., & Ashraf, G. (n.d.). Learning from humanoid cartoon designs. In 10th Industrial Conference on Data Mining ICDM.
Kristiani. (2021). Jangan asal manggil Uwak di Medan. Mojok.
Kuswara, E. (2022). Filosofi cuanki dan cari uang jalan kaki. Karopak.
Nurcahyanto, R. (2020). [GIMINDO] Juragan kos, game lokal ajak kamu jadi ibu kos super galak. https://duniagames.co.id/discover/article/gimindo-juragan-kos-game
Nurridha, L. (2017). Revolusi catokan rambut dari masa ke masa. Kumparan Style. https://kumparan.com/kumparanstyle/
revolusi-catokan-rambut-dari-masa-ke-masa
Pasys, R. (2023). 5 macam ras yang ada di Indonesia dan ciri fisiknya. Kids Grid. https://kids.grid.id/read/473678778/5-macam-ras-yang-ada-di-indonesia-dan-ciri-ciri-fisiknya?page=all
Permana, D. F. W. (2013). Perkembangan keseimbangan pada anak usia 7 s/d 12 tahun ditinjau dari jenis kelamin. Media Ilmu Keolahragaan, 3(1).
Tom, B. (2006). Creating characters with personal. Watson-Guptil.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tsasyshaum Alna Najmura, Dianing Ratri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.