Perancangan Kegiatan Kreatif Terapi Seni untuk Meningkatkan Wawasan Resiliensi melalui Pemberdayaan Siswa SMP Kristen Aletheia Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.9744/nirmana.25.2.165-173Keywords:
terapi seni, resiliensi, daya juang, remajaAbstract
Kemampuan seseorang untuk tetap tangguh dalam menghadapi dan bangkit dari permasalahan yang terjadi di dalam hidupnya disebut dengan istilah resiliensi (daya juang). Oleh karena itu diperlukan adanya resiliensi (daya juang) yang dimiliki oleh generasi muda. Perancangan ini melibatkan SMP Kristen Aletheia Surabaya sebagai subjek penelitian. Perancangan kegiatan terapi seni ini sebagai sarana regulasi emosi dan pembekalan bagi murid SMP Kristen Aletheia Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Melalui pemberdayaan ini diharapkan murid SMP Kristen Aletheia Surabaya mengetahui pentingnya resiliensi di masa yang akan datang.
References
Aiyuda, N. (2013). Art therapy. NATHIQIYYAH - JURNAL PSIKOLOGI ISLAM, 2, 153-154. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Nathiqiyyah/article/view/56
Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA, 1(1), 119-120. Retrieved from https://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/istighna/article/view/20/0
Desmita. (2009). Mengembangkan resiliensi remaja dalam upaya mengatasi stres sekolah. Ta’dib, 12(1). Retrieved from https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/article/view/150
Fatmawaty, R. (2017). Memahami psikologi remaja. Jurnal Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. DOI: https://doi.org/10.30736/rfma.v6i2.33
Hidayah, R. (2014). Pengaruh terapi seni terhadap konsep diri anak. Makara Hubs-Asia, 18(2), 89-96. DOI: 10.7454/mssh.v18i2.3464
Lusia, A. (2021, July 10). Riset F.Psi UI: Resiliensi Orang Indonesia cenderung rendah. Retrieved from https://psikologi.ui.ac.id/2021/07/12/riset-f-psi-ui-resiliensi-orang-indonesia-cenderung-rendah/
Magdalena, R & Natalia, T. P. (2018). Penerapan art therapy untuk meningkatkan self-esteem remaja perempuan di lembaga bimbingan belajar X . Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 2(1), 173-180. Retrieved from https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.1614
Megarina, Yulietha. (2021). Pemanfaatan ART Theraphy Dalam Konseling. 10.31234/osf.io/ehcnz.
Oktaverina & Krinitawati, W. (2021). Perbedaan resiliensi individu dengan status sosial ekonomi rendah ditinjau dari jenis kelamin. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling UNDIKSHA, 12, 284. DOI: 10.23887/jibk.v12i2.34210
Putri, D. R., et al. (2021). Implementasi art therapy untuk meningkatkan coping stress terkait permasalahan perkembangan di usia remaja. Jurnal Talenta Psikologi, 16(2), 36-37. Retrieved from https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/761
Safitri, et al. (2022). Model terapi seni dengan media visual untuk meningkatkan resiliensi siswa SMP 1945 Jakarta setelah pandemi covid 19. (Master’s Thesis). Universitas Esa Unggul. Retrieved from https://digilib.esaunggul.ac.id/UEU-Research-16_0993/28155
Sholihah, I. N. (2017). Kajian teoritis penggunaan art therapy dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMK (pp. 176-177). Retrieved from https://www.gci.or.id/assets/papers/ascc-2017-176.pdf
Supriyadi & Kartini, M. (2022). Intervensi untuk Meningkatkan Resiliensi pada Remaja. Jurnal Keperawatan Karya Bhakti, 8(1), 19-29. Retrieved from http://ejournal.akperkbn.ac.id/index.php/jkkb/article/view/106/109
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Felicia Nyoto, Heru Dwi Waluyanto, Merry Sylvia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.