Perancangan Kegiatan Kreatif Terapi Seni untuk Meningkatkan Wawasan Resiliensi melalui Pemberdayaan Siswa SMP Kristen Aletheia Surabaya

Authors

  • Felicia Nyoto Universitas Kristen Petra
  • Heru Dwi Waluyanto Universitas Kristen Petra
  • Merry Sylvia Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/nirmana.25.2.165-173

Keywords:

terapi seni, resiliensi, daya juang, remaja

Abstract

Kemampuan seseorang untuk tetap tangguh dalam menghadapi dan bangkit dari permasalahan yang terjadi di dalam hidupnya disebut dengan istilah resiliensi (daya juang). Oleh karena itu diperlukan adanya resiliensi (daya juang) yang dimiliki oleh generasi muda. Perancangan ini melibatkan SMP Kristen Aletheia Surabaya sebagai subjek penelitian. Perancangan kegiatan terapi seni ini sebagai sarana regulasi emosi dan pembekalan bagi murid SMP Kristen Aletheia Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Melalui pemberdayaan ini diharapkan murid SMP Kristen Aletheia Surabaya mengetahui pentingnya resiliensi di masa yang akan datang.

References

Aiyuda, N. (2013). Art therapy. NATHIQIYYAH - JURNAL PSIKOLOGI ISLAM, 2, 153-154. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Nathiqiyyah/article/view/56

Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA, 1(1), 119-120. Retrieved from https://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/istighna/article/view/20/0

Desmita. (2009). Mengembangkan resiliensi remaja dalam upaya mengatasi stres sekolah. Ta’dib, 12(1). Retrieved from https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/article/view/150

Fatmawaty, R. (2017). Memahami psikologi remaja. Jurnal Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. DOI: https://doi.org/10.30736/rfma.v6i2.33

Hidayah, R. (2014). Pengaruh terapi seni terhadap konsep diri anak. Makara Hubs-Asia, 18(2), 89-96. DOI: 10.7454/mssh.v18i2.3464

Lusia, A. (2021, July 10). Riset F.Psi UI: Resiliensi Orang Indonesia cenderung rendah. Retrieved from https://psikologi.ui.ac.id/2021/07/12/riset-f-psi-ui-resiliensi-orang-indonesia-cenderung-rendah/

Magdalena, R & Natalia, T. P. (2018). Penerapan art therapy untuk meningkatkan self-esteem remaja perempuan di lembaga bimbingan belajar X . Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 2(1), 173-180. Retrieved from https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.1614

Megarina, Yulietha. (2021). Pemanfaatan ART Theraphy Dalam Konseling. 10.31234/osf.io/ehcnz.

Oktaverina & Krinitawati, W. (2021). Perbedaan resiliensi individu dengan status sosial ekonomi rendah ditinjau dari jenis kelamin. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling UNDIKSHA, 12, 284. DOI: 10.23887/jibk.v12i2.34210

Putri, D. R., et al. (2021). Implementasi art therapy untuk meningkatkan coping stress terkait permasalahan perkembangan di usia remaja. Jurnal Talenta Psikologi, 16(2), 36-37. Retrieved from https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/761

Safitri, et al. (2022). Model terapi seni dengan media visual untuk meningkatkan resiliensi siswa SMP 1945 Jakarta setelah pandemi covid 19. (Master’s Thesis). Universitas Esa Unggul. Retrieved from https://digilib.esaunggul.ac.id/UEU-Research-16_0993/28155

Sholihah, I. N. (2017). Kajian teoritis penggunaan art therapy dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMK (pp. 176-177). Retrieved from https://www.gci.or.id/assets/papers/ascc-2017-176.pdf

Supriyadi & Kartini, M. (2022). Intervensi untuk Meningkatkan Resiliensi pada Remaja. Jurnal Keperawatan Karya Bhakti, 8(1), 19-29. Retrieved from http://ejournal.akperkbn.ac.id/index.php/jkkb/article/view/106/109

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Nyoto, F., Waluyanto, H. D., & Sylvia, M. (2025). Perancangan Kegiatan Kreatif Terapi Seni untuk Meningkatkan Wawasan Resiliensi melalui Pemberdayaan Siswa SMP Kristen Aletheia Surabaya . Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 25(2), 165–173. https://doi.org/10.9744/nirmana.25.2.165-173

Issue

Section

Articles