Prinsip Animasi 3D Komputer dalam Film Animasi dan Implementasinya: Sebuah Kajian Literatur

Authors

  • Akmal Zulkifli Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhamad Firdaus Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rasim Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fitra Bona Sari Universitas Prima Indonesia
  • Ira Fazira Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.9744/nirmana.25.2.152-164

Keywords:

animasi 3D komputer, pengenalan animasi komputer, prinsip-prinsip animasi

Abstract

Animasi 3D komputer mengalami kemajuan signifikan dalam dekade terakhir. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan perangkat lunak desain grafis membawa animasi 3D ke tingkat yang lebih maju dari sebelumnya yang menuntut pemahaman mendalam para animator tentang prinsip-prinsip animasi dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan prinsip-prinsip animasi dalam film animasi 3D serta memahami sejauh mana prinsip-prinsip animasi tersebut diterapkan dalam film animasi 3D.  Metode penelitian yang digunakan adalah SLR dengan kriteria rancangan PICOC (Population, Intervention, Comparison, Outcome, Context). Data diambil dari paper jurnal yang diterbitkan antara tahun 2013-2023. Dalam penelitian ini, terdapat lima research question yang menjadi panduan utama. Temuan akhir menunjukkan analisis penerapan prinsip-prinsip animasi dalam film animasi 3D menunjukkan bahwa hampir semua produksi animasi mengadopsi prinsip-prinsip animasi, meskipun dengan penekanan yang berbeda. Kepiawaian animator dalam menguasai prinsip-prinsip animasi berdampak langsung pada kesuksesan film animasi. Penerapan prinsip-prinsip animasi juga memengaruhi ekspresi karakter dan kesan visual. Selain itu, penggunaan prinsip-prinsip animasi dalam pembelajaran memiliki potensi besar untuk memperkaya pengalaman belajar dan mencapai hasil pembelajaran yang lebih optimal.

References

Adiani, N., Anam, C., & Sofiyan, R. (2023). Hasil transformasi bentuk tokoh Jatayu dalam bentuk 3 dimensi digital melalui analisis analogi bentuk. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana. https://nirmana.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/25129

Cahyani, I. R. (2020). Pemanfaatan media animasi 3D di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jtp/article/view/2854

Desrianti, D. I., Firdaus, A. N., & Gunawan, D. P. (2017). Animasi dengan gambar bergerak meningkatkan daya tarik program promosi. Creative Communication and Innovative Technology. https://core.ac.uk/download/pdf/285995908.pdf

Guo, Z. (2020). Application of computer 3D animation technology in construction industry. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1574/1/012088

Hakim, M. L. N. (2013). Perancangan film animasi 3D berjudul “Menembus Kota.” Universitas AMIKOM Yogyakarta.

Hushain, J., Gupta, V., & Sharma, M. (2023). An analysis of the various kinds of animation. Vol.10, 160–166.

Nadya, N., & Sari, Y. P. (2020). Analisis visual penerapan 12 prinsip animasi dalam film Grey&Jingga: The Twilight Animated Series episode 1. Titik Imaji. https://journal.ubm.ac.id/index.php/titik-imaji/article/view/1955

Pintero, Z. R., & Kaulam, S. (2018). Pengaplikasian 12 prinsip animasi Disney dan Motion Capture dalam animasi Gob and Friends. J. Seni Rupa. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/22732

Pratama, A. D. (2023). Analisis penerapan prinsip dasar animasi dalam animasi “Weathering With You.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/4903

Putra, A. N. W., Pratama, R. Y., & Fairuza, R.E. (2023). 12 prinsip animasi dalam film stopmotion “Shaun The Sheep.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/6293

Putra, R., & Panindias, A. N. (2023). Implementasi prinsip animasi dalam gerak personifikasi tokoh di film animasi Lakontara. CITRAWIRA: Journal of Advertising and Visual Communication. https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/citrawira/article/view/5095

Rahmi, A. (2021). 12 Prinsip Animasi pada gerak karakter skeletal animation “Achoo.” DESKOVI: Art and Design Journal. https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/deskovi/article/view/914

Santoso, A., Afdal, S., & Syakban, I. (2023). at-Tarbiyah al-Mustamirrah : Jurnal Pendidikan Islam Analisis Materi Pendidikan Agama Islam pada Film Animasi Nussa dan Rarra. 4, 65–82.

Saputra, D., Dwipayana, I. K. A., Alrizkian, F. R., Alfahkri, A.R., & Putra, G.L.A.K. (2023). Unsur estetika pada karakter dan cerita animasi Adit Sopo Jarwo. Animarupa: Jurnal Animasi. https://jurnal2.isidps.ac.id/index.php/animarupa/article/view/2857

Sarassati, R., Amrullah, A., & Saipullah, A. (2018). Media video animasi 3D sebagai salah satu pembelajaran. CICES (Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science), 4(1). https://core.ac.uk/download/pdf/285996299.pdf

Sari, D. R., Suyanto, M., & Sofyan, A. F. (2020). Implementasi Kansei Engineering dalam perancangan desain karakter dengan prinsip appeal (studi kasus: karakter dalam film Battle of Surabaya). Creative Information Technology Journal, 7(2). https://citec.amikom.ac.id/main/index.php/citec/article/view/254

Sari, N. W., & Samawi, A. (2014). Pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa slow learner. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 1(2). https://journal2.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/4315

Setiawan, A. M. H., Sayatman, S., & ... (2020). Perancangan karakter dan environment pilot project serial animasi “Imajinavis.” Jurnal Sains Dan Seni ITS. http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/51819

Sudaryat, Y., & Chalik, C. (2022). Analisis penerapan prinsip-prinsip animasi dalam serial Netlix, Love, Death and Robots Volume 3 Episode 5: Kill Team Kill. Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar, 9(3). https://ojs.unm.ac.id/tanra/article/view/38599/19899

Suparmaniam, C., binti Kadir, S. A., Jamalullail, S.N, & Kamaruddin, A.F. (2023). A comparative study between animation movie of Hikayat Sang Kancil (Filem Negara Malaysia) and animation movie Pada Zaman Dahulu (Les’ Copaque Production): Narrative Elements. Journal on Technical and Vocational Education: Special Edition for NARTC 2023, 8(1). http://www.upikpolimas.edu.my/ojs/index.php/JTVE/article/view/502

Tanus, R. J. G., Sumual, H., & Kumajas, S. (2022). Pengembangan media pembelajaran tutorial pada mata kuliah animasi 3 dimensi. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. http://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/5307

Waeo, V., Lumenta, A. S. M., & Sugiarso, B.A.A. (2016). Implementasi gerakan manusia pada animasi 3D dengan menggunakan menggunakan metode pose to pose. Jurnal Teknik Informatika, 9(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/14641

Wahono, R. S. (2015). A systematic literature review of software defect prediction. Journal of Software Engineering. https://romisatriawahono.net/lecture/rm/survey/software engineering/Software Fault Defect sPrediction/Wahono - Systematic Literature Review of Software Defect Prediction - 2015.pdf

Widadijo, W. T. (2017). 12 prinsip animasi dalam serial “Adit&Sopo Jarwo.” Aksa: Jurnal Desain Komunikasi Visual. http://aksa.stsrdvisi.ac.id/index.php/aksa/article/view/7

Widadijo, W. T. (2020). Prinsip dasar tata rupa dalam film animasi “The Secret of Kells.” AKSA: Jurnal Desain Komunikasi Visual. http://www.aksa.stsrdvisi.ac.id/index.php/aksa/article/download/36/34

Zega, S. A., Tambun, G. J. P., Adhitya, W., & ... (2022). Penerapan prinsip-prinsip animasi pada film pendek animasi “Nohoax.” Journal of Applied Multimedia and Networking, 6(1). https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAMN/article/view/4179

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Zulkifli, A., Firdaus, M., Rasim, R., Sari, F. B., & Fazira, I. (2025). Prinsip Animasi 3D Komputer dalam Film Animasi dan Implementasinya: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 25(2), 152–164. https://doi.org/10.9744/nirmana.25.2.152-164

Issue

Section

Articles