Prinsip Animasi 3D Komputer dalam Film Animasi dan Implementasinya: Sebuah Kajian Literatur
DOI:
https://doi.org/10.9744/nirmana.25.2.152-164Keywords:
animasi 3D komputer, pengenalan animasi komputer, prinsip-prinsip animasiAbstract
Animasi 3D komputer mengalami kemajuan signifikan dalam dekade terakhir. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan perangkat lunak desain grafis membawa animasi 3D ke tingkat yang lebih maju dari sebelumnya yang menuntut pemahaman mendalam para animator tentang prinsip-prinsip animasi dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan prinsip-prinsip animasi dalam film animasi 3D serta memahami sejauh mana prinsip-prinsip animasi tersebut diterapkan dalam film animasi 3D. Metode penelitian yang digunakan adalah SLR dengan kriteria rancangan PICOC (Population, Intervention, Comparison, Outcome, Context). Data diambil dari paper jurnal yang diterbitkan antara tahun 2013-2023. Dalam penelitian ini, terdapat lima research question yang menjadi panduan utama. Temuan akhir menunjukkan analisis penerapan prinsip-prinsip animasi dalam film animasi 3D menunjukkan bahwa hampir semua produksi animasi mengadopsi prinsip-prinsip animasi, meskipun dengan penekanan yang berbeda. Kepiawaian animator dalam menguasai prinsip-prinsip animasi berdampak langsung pada kesuksesan film animasi. Penerapan prinsip-prinsip animasi juga memengaruhi ekspresi karakter dan kesan visual. Selain itu, penggunaan prinsip-prinsip animasi dalam pembelajaran memiliki potensi besar untuk memperkaya pengalaman belajar dan mencapai hasil pembelajaran yang lebih optimal.
References
Adiani, N., Anam, C., & Sofiyan, R. (2023). Hasil transformasi bentuk tokoh Jatayu dalam bentuk 3 dimensi digital melalui analisis analogi bentuk. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana. https://nirmana.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/25129
Cahyani, I. R. (2020). Pemanfaatan media animasi 3D di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jtp/article/view/2854
Desrianti, D. I., Firdaus, A. N., & Gunawan, D. P. (2017). Animasi dengan gambar bergerak meningkatkan daya tarik program promosi. Creative Communication and Innovative Technology. https://core.ac.uk/download/pdf/285995908.pdf
Guo, Z. (2020). Application of computer 3D animation technology in construction industry. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1574/1/012088
Hakim, M. L. N. (2013). Perancangan film animasi 3D berjudul “Menembus Kota.” Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Hushain, J., Gupta, V., & Sharma, M. (2023). An analysis of the various kinds of animation. Vol.10, 160–166.
Nadya, N., & Sari, Y. P. (2020). Analisis visual penerapan 12 prinsip animasi dalam film Grey&Jingga: The Twilight Animated Series episode 1. Titik Imaji. https://journal.ubm.ac.id/index.php/titik-imaji/article/view/1955
Pintero, Z. R., & Kaulam, S. (2018). Pengaplikasian 12 prinsip animasi Disney dan Motion Capture dalam animasi Gob and Friends. J. Seni Rupa. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/22732
Pratama, A. D. (2023). Analisis penerapan prinsip dasar animasi dalam animasi “Weathering With You.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/4903
Putra, A. N. W., Pratama, R. Y., & Fairuza, R.E. (2023). 12 prinsip animasi dalam film stopmotion “Shaun The Sheep.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/6293
Putra, R., & Panindias, A. N. (2023). Implementasi prinsip animasi dalam gerak personifikasi tokoh di film animasi Lakontara. CITRAWIRA: Journal of Advertising and Visual Communication. https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/citrawira/article/view/5095
Rahmi, A. (2021). 12 Prinsip Animasi pada gerak karakter skeletal animation “Achoo.” DESKOVI: Art and Design Journal. https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/deskovi/article/view/914
Santoso, A., Afdal, S., & Syakban, I. (2023). at-Tarbiyah al-Mustamirrah : Jurnal Pendidikan Islam Analisis Materi Pendidikan Agama Islam pada Film Animasi Nussa dan Rarra. 4, 65–82.
Saputra, D., Dwipayana, I. K. A., Alrizkian, F. R., Alfahkri, A.R., & Putra, G.L.A.K. (2023). Unsur estetika pada karakter dan cerita animasi Adit Sopo Jarwo. Animarupa: Jurnal Animasi. https://jurnal2.isidps.ac.id/index.php/animarupa/article/view/2857
Sarassati, R., Amrullah, A., & Saipullah, A. (2018). Media video animasi 3D sebagai salah satu pembelajaran. CICES (Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science), 4(1). https://core.ac.uk/download/pdf/285996299.pdf
Sari, D. R., Suyanto, M., & Sofyan, A. F. (2020). Implementasi Kansei Engineering dalam perancangan desain karakter dengan prinsip appeal (studi kasus: karakter dalam film Battle of Surabaya). Creative Information Technology Journal, 7(2). https://citec.amikom.ac.id/main/index.php/citec/article/view/254
Sari, N. W., & Samawi, A. (2014). Pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa slow learner. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 1(2). https://journal2.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/4315
Setiawan, A. M. H., Sayatman, S., & ... (2020). Perancangan karakter dan environment pilot project serial animasi “Imajinavis.” Jurnal Sains Dan Seni ITS. http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/51819
Sudaryat, Y., & Chalik, C. (2022). Analisis penerapan prinsip-prinsip animasi dalam serial Netlix, Love, Death and Robots Volume 3 Episode 5: Kill Team Kill. Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar, 9(3). https://ojs.unm.ac.id/tanra/article/view/38599/19899
Suparmaniam, C., binti Kadir, S. A., Jamalullail, S.N, & Kamaruddin, A.F. (2023). A comparative study between animation movie of Hikayat Sang Kancil (Filem Negara Malaysia) and animation movie Pada Zaman Dahulu (Les’ Copaque Production): Narrative Elements. Journal on Technical and Vocational Education: Special Edition for NARTC 2023, 8(1). http://www.upikpolimas.edu.my/ojs/index.php/JTVE/article/view/502
Tanus, R. J. G., Sumual, H., & Kumajas, S. (2022). Pengembangan media pembelajaran tutorial pada mata kuliah animasi 3 dimensi. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. http://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/5307
Waeo, V., Lumenta, A. S. M., & Sugiarso, B.A.A. (2016). Implementasi gerakan manusia pada animasi 3D dengan menggunakan menggunakan metode pose to pose. Jurnal Teknik Informatika, 9(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/14641
Wahono, R. S. (2015). A systematic literature review of software defect prediction. Journal of Software Engineering. https://romisatriawahono.net/lecture/rm/survey/software engineering/Software Fault Defect sPrediction/Wahono - Systematic Literature Review of Software Defect Prediction - 2015.pdf
Widadijo, W. T. (2017). 12 prinsip animasi dalam serial “Adit&Sopo Jarwo.” Aksa: Jurnal Desain Komunikasi Visual. http://aksa.stsrdvisi.ac.id/index.php/aksa/article/view/7
Widadijo, W. T. (2020). Prinsip dasar tata rupa dalam film animasi “The Secret of Kells.” AKSA: Jurnal Desain Komunikasi Visual. http://www.aksa.stsrdvisi.ac.id/index.php/aksa/article/download/36/34
Zega, S. A., Tambun, G. J. P., Adhitya, W., & ... (2022). Penerapan prinsip-prinsip animasi pada film pendek animasi “Nohoax.” Journal of Applied Multimedia and Networking, 6(1). https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAMN/article/view/4179
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Akmal Zulkifli, Muhamad Firdaus, Rasim, Fitra Bona Sari, Ira Fazira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.